RPG 7 – Peluncur Granat Anti Tank Legendaris

RPG-7 merupakan pengembangan lebih lanjut dari peluncur granad anti tank sebelumnya yaitu RPG-2. RPG-7, dalam versi pertama, yang dikenal sebagai RPG-7V, telah diadopsi oleh tentara Soviet pada tahun 1961, dan masih banyak digunakan di Rusia dan setidaknya di lebih 50 negara. Sejauh ini, RPG-7 dapat dianggap sebagai salah satu granat anti-tank yang paling sukses yang pernah dibuat. Pada akhir 1980-an, tandem-jenis PG-7VR granat telah diperkenalkan. Granat ini memiliki dua hulu ledak dan ditujukan terhadap tank paling modern, dilengkapi dengan ERA (Explosive Reactive Armor). Hulu ledak depan menggunakansistem ERA, dan hulu ledak kedua bisa menembus lebih dari 600mm/24in baju besi.
RPG-7 adalah jenis senjata yang dipanggul dibahu, single-shot, peluncur recoilless smoothbore. Granat dimuat dari depan, dan belakang laras dilengkapi dengan nozzle venturi. Karena desain recoilless, ada zona backblast berbahaya, lebih dari 20 meters/60ft panjang. Granat anti-tank adalah jenis kombinasi, menggunakan biaya bubuk tanpa asap untuk RCL-jenis peluncuran. Setelah granat mencapai jarak aman dari penembak (sekitar 10-20 meter), built-in roket pendorong mesin menyatu dan selanjutnya mempercepat granat, sangat meningkatkan jangkauan efektif (sampai dengan 500 + meter untuk granat hulu ledak tunggal, sampai to200 meter + untuk jauh lebih berat tandem atau granat FAE). Karena peningkatan jangkauan, RPG-7 biasanya dikeluarkan dengan 2.7x optical sight pembesaran tetap, ditunjuk PGO-7. Pemandangan ini memiliki skala rentang-mencari untuk target yang khas (tank) dengan ketinggian 2.7m/9ft, dan skala windage penyesuaian. RPG-7 juga dilengkapi dengan pemandangan besi cadangan. RPG-7 menggunakan sistem pengapian mekanik dengan palu eksternal secara manual memiringkan, dan memicu aksi tunggal. Karena itu, granat harus benar sesuai dengan mekanisme menembak setelah loading.
Setiap AT granat terdiri dari hulu ledak HEAT kaliber besar dengan murang dasar, dengan mesin roket belakang  berdiameter 40mm. Nozel roket yang terletak di bagian depan mesin, dekat dengan hulu ledak. Ekor roket dilengkapi dengan sirip stabiliztator lipat, yang diperpanjang ketika granat meninggalkan laras. Bahan peluncuran, terbuat dari bubuk hitam, dimuat ke dalam kotak  yang mudah terbakar, dan melekat pada bagian belakang granat sebelum loading ke peluncur. Granat dan amunisi di letakkan pada ransel khusus. Dengan standar soviet asli, grenadier membawa dua putaran, dan asistennya membawa tiga lagi. Ada minor upgrade beberapa desain dasar dari RPG-7 di Uni Soviet dan Rusia, yang paling penting adalah RPG-7D, dengan dua bagian barel takedown, yang dikeluarkan untuk pasukan udara. Sejak RPG-7 itu, dan masih diproduksi di banyak negara (seperti Bulgaria, Cina, Irak dan Rumania, untuk beberapa nama), ada banyak modifikasi dalam varian senapan peluncur, dan, yang lebih penting, dalam granat.
RPG-7 adalah senjata yang sederhana dan murah, namun memiliki ancaman tinggi untuk tank paling modern, dan juga dapat digunakan dalam sejumlah peran pertempuran lainnya, membuatnya menjadi salah satu-senjata artileri andalan pria sejati.

 

RPG-7 antitank grenade launcher (USSR / Russia)

RPG-7V antitank grenade launcher with PGO-7 telescope sight and a PG-7VM grenade in ready to load condition (with launch charge attached).
RPG-7V antitank grenade launcher with PGO-7 telescope sight and a PG-7VM grenade in ready to load condition (with launch charge attached).

 

RPG-7D antitank grenade launcher (version for airborne troops), disassembled for transportation / airdrop.
RPG-7D antitank grenade launcher (version for airborne troops), disassembled for transportation / airdrop.

 

 PG-7VM HEAT grenade cut-out.
PG-7VM HEAT grenade cut-out.

 

PG-7VL HEAT grenade.
PG-7VL HEAT grenade.

 

 PG-7VR tandem (dual-warhead) HEAT grenade.
PG-7VR tandem (dual-warhead) HEAT grenade.

 

TBG-7V Thermobaric (FAE) grenade.
TBG-7V Thermobaric (FAE) grenade.

 

OG-7V fragmentation antipersonnel grenade (1999).
OG-7V fragmentation antipersonnel grenade (1999).

Kaliber: 40 mm launcher; 40 and 70 – 105mm warheads (depending on the grenade model)
Tipe: recoilless launch + rocket booster
Panjang Keseluruhan :650 mm
Berat: 6.3 kg unloaded, with PGO-7 telescope sight
Jarak jangkaun Efektif: 200-500 meters, tergantung tipe granad

 

Some grenades, used in RPG-7 (Soviet/Russian origins)

PG-7V PG-7VL PG-7VR TBG-7V OG-7V
Year of adoption 1961 1977 1988 1988 1999
Warhead caliber, mm 85 93 64 / 105 105 40
Weight, kg 2.2 2.6 4.5 4.5 2.0
Effective range, meters 500 500 200 200 350
Armor penetration, mm 260 500 ERA + 600-700

Perihal INFO PERTAHANAN
Aku? Kau tanya Aku siapa? Nanti Kau tahu dengan sendirinya ....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: