Perang Cina – Vietnam; Perang Indocina Ketiga

Perang Cina- Vietnam, dikenal juga dengan sebutan perang Indocina ketiga, dimana perang ini terjadi diperbatasan antara Cina dengan Vietnam, perang ini terjadi pada awal tahun 1979 antara tentara Cina dengan tentara Vietnam. Cina melancarkan serangan terhadap vietnam guna merespon tindakan Vietnam yang menginvasi Kamboja pada tahu 1978, dimana pada wakru itu Kamboja merupakan sekutu terdekat Cina di Asia Tenggara. Presiden Cina Deng Xiaoping menganggap tindakan Vietnam menginvasi Vietnam sebagai kepanjangan Uni Soviet untuk menancapkan gurita kekuasaan dan pengaruhnya di Asia Tenggara dengan menggunakan Vietnam sebagai pion Uni Soviet.


Sebagai Catatan Uni Soviet dengan Cina mempunyai hubungan yang dekat dan erat pada masa sebelumnya, namun pada dekade pertengahan tahun 70-an terjadi keretakan hubungan diantara mereka. Begitu pula dengan Vietnam hubungannya dengan Cina sebelumnya sangat mesra, hal ini dibuktikan dengan dukungan dan bantuan yang diberikan Cina  kepada Vietnam sebagai  sesama negara sosialis dalam Perang Indocina. Dimana dalam perang Indocina tersebut Vietnam berperang dengan Perancis untuk menuntut kemerdekaan dari Perancis yang menjajah negar-negara kawasan Indocina (Vietnam, Myanmar, Laos dan Kamboja). Namun setelah pasca kemerdekaan Vietnam, Cina merasa ditinggalkan oleh Vietnam, dimana Vietnam pasca kemerdekaannya lebih cenderung Ke Uni Soviet dan melupakan Cina yang pernah mendukungnya dalam perbutan kemerdekaan. Cina mengalami dilemasi, walaupun sama-sama negara sosialis disaat yang sama Cina mengalami keretakan hubungan dengan Uni Soviet dan merasa di hianati oleh VIetnam. Dalam Perang IndoCina keterlibatan Cina bukan hanya dengan Vietnam Saja tetapi juga dengan negara tetangganya Kamboja. Ketika Vietnam berpaling ke Uni Soviet harapan Cina satu-satunya di Asia Tenggara untuk tetap memperthankan pengaruhnya hanyalah Kamboja. Maka ketika Tahun 1978 Vietnam menginvansi Kamboja Cina langsung bereaksi dengan menyerbu Vietnam pada tahun 1979.

File:VietnamChina1979.png

Gambar : Peta pergerakan Pasukan Cina ketika menyerbu Vietnam

Image

Tentara Cina memasuki sebelah Utara Vietnam dan merebut beberapa daerah disekitar perbatasan Vietnam. Kedua dua negara sama-sama mengklaim kemenangan  dalam perang tersebut. Yang perlu dicatat disini walaupun Vietnam telah diserbu oleh Cina, Vietnam masih bisa berkuasa di kamboja hingga tahun 1989, sehingga boleh dikatakan usaha Cina gagal untuk menghalangi  Vietnam dalam menginvasi Kamboja.

Perang ini berlangsung antara 17 Februari 1979 – 16 Maret 1979 ( 3 minggu  6 hari). Hasil ahir dari perang ini, Cina menarik diri dari Vietnam, vietnam tetap melanjutkan invasinya atas Kamboja, dan ketegangan diperbatasan kedua negara terus terjadi Hingga  tahun 1990. Dalam Perang ini Cina mengerahkan 200.000 – 600.00 pasukan infantri dan kira-kira 400 tank dari Distrik militer Kunming dan Guangzhou. Sementar dari Vietnam mengerahkan 70.000 -100.000 pasukan reguler serta 150.000 pasukan lokal dan milisi. Korban dari pihak Cina diperkirakan 26.000 orang terbunuh namun klaim Cina hanya 8.531 terbunuh dan 21.000 orang luka-luka. Dari Vietnam korbannya diperkirakan 10.000 terbunuh.

Perihal INFO PERTAHANAN
Aku? Kau tanya Aku siapa? Nanti Kau tahu dengan sendirinya ....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: