Admiral Kuznetsov , Raksasa dari Uni Soviet

Jika dibanding dengan armada laut Amerika Serikat, AL Rusia sangat ketinggalan jauh dalam hal pengoperasian kapal induk, Setidaknya angkatan laut Amerika Serikat mengoperasikan 11 unit kapal induk. Sedangkan angkatan laut Rusia dari 8 buah kapal induk yang pernah mereka punya, saat ini hanya tersisa satu kapal induk yaitu Admiral Kuznetsov, disamping karena kebijakan Rusia dalam hal militer yang tidak se-ekspansif rivalnya Amerika Serikat, terutama sejak usainya perang dingin serta ditambah lagi dengan faktor krisis ekonomi yang ikut mempengaruhi kebijakan pemerintah Rusia dalam hal pengoperasian kapal induk yang dirasa terlalu mahal saat itu.

Admiral Flota Sovetskogo Soyuza Kuznetsov demikian nama resmi dari kapal induk Admiral Kuznetsov. Rusia atau Uni Soviet hanya memproduksi dua kapal induk dari kelas ini yaitu Admiral Kuznetsov dan satunya lagi adalah Varyag yang tidak sempat dioperasikan oleh AL Soviet, tetapi langsung dijual oleh Ukraina ke RRC ketika Uni Soviet bubar. Kedua kapal induk tersebut di bangun di galangan kapal Nikolayev South Shipyard yang terletak Nikolayev, yang saat ini menjadi bagian dari negara Ukraina. Mulai di bangun pada tahun 1983 atau mundur satu tahun karena upacara peresmian pembangunan pada tahun 1982, dan selesai secara keseluruhan pada tahun 1985. Mulai bertugas secara penuh di AL Soviet pada tahun 1995. Yang unik dari kapal induk ini adalah penggunaan nama yang sempat berganti hingga 4 kali dari mulai Riga pada awalnya, November 1982 berubah menjadi Leonid Brezhnev, kemudian ketika Agustus 1987 di ganti menjadi Tbilisi, dan yang terakhir padaOktober 4, 1990 menjadi Admiral Flota Sovetskogo Soyuza Kuznetsov.


Sebagai kapal induk Admiral Kuznetsov mampu membawa sekitar 12 buah Su-33, 5 buah Su-25 UTG/UBP, 4 buah hlikopter Kamov Ka-27LD32, 18 buah Kamov Ka-27PLO, dan 2 buah Kamov Ka-27S. Kapal yang mampu berlayar selama 45 hari nonstop dengan jarak tempuh 7.100 km ini mampu melaju dengan kecepatan maksimum 32 knots.

Perihal INFO PERTAHANAN
Aku? Kau tanya Aku siapa? Nanti Kau tahu dengan sendirinya ....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: