OPERATION EAGLE CLAW (Operasi Pembebasan Sandera yang Berakhir Bencana)

24 April 1980, sebuah operasi militer untuk menyelamatkan sandera 52 Amerika di Teheran, Iran berakhir bencana setelah delapan prajurit US gugur dan tragisnya tidak ada sandera diselamatkan.


Krisis Iran telah berjalan ke bulan keenam dan semua permohonan diplomatik kepada pemerintah Iran berakhir dengan kegagalan, Presiden Jimmy Carter memerintahkan misi militer sebagai usaha terakhir untuk menyelamatkan sandera. Selama operasi, tiga dari delapan helikopter gagal mendarat, sehingga melumpuhkan rencana udara penting. Misi ini kemudian dibatalkan pada area drop zone di Iran, tetapi penarikan mundur helikopter bertabrakan dengan salah satu dari enam pesawat angkut C-130 , sehingga menewaskan delapan tentara dan melukai lima. Hari berikutnya, Jimmy Carter memberikan konferensi pers di mana ia mengambil tanggung jawab penuh atas tragedi tersebut. Para sandera tidak berhasil dibebaskan setelah disandera selama 270 hari.

Pada tanggal 4 November 1979, krisis dimulai ketika mahasiswa Iran militan, marah karena menganggap pemerintah AS telah mengizinkan Syah digulingkan dari Iran untuk melakukan perjalanan ke AS untuk perawatan medis. Mereka merebut kedutaan besar AS di Teheran. Ayatollah Khomeini, pemimpin politik dan agama Iran, mengambil alih situasi penyanderaan dan setuju untuk melepaskan tawanan non-AS dan perempuan dan minoritas Amerika, mengutip kelompok-kelompok ini sebagai salah satu orang yang tertindas oleh pemerintah AS. Sisanya 52 tawanan tetap pada sandera Ayatollah hingga 14 bulan ke depan.

Usaha diplomatis Presiden Carter tidak mampu menyelesaikan krisis, dan April 1980 upaya pembebasan andera berakhir dengan bencana. Tiga bulan kemudian, mantan shah meninggal karena kanker di Mesir, tapi krisis berlanjut. Pada bulan November, Carter kalah dalam pemilihan presiden untuk Partai Republik yang membawa kandidat presiden Ronald Reagan, dan segera setelah itu, dengan bantuan perantara Aljazair, negosiasi yang sukses dimulai antara Amerika Serikat dan Iran. Pada hari pelantikan Reagan, 20 Januari 1981, Amerika Serikat membebaskan hampir $ 8 miliar aset Iran yang dibekukan, dan 52 sandera dibebaskan setelah 444 hari. Keesokan harinya, Jimmy Carter terbang ke Jerman Barat untuk menyambut orang-orang Amerika dalam perjalanan pulang.

Perihal INFO PERTAHANAN
Aku? Kau tanya Aku siapa? Nanti Kau tahu dengan sendirinya ....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: