Maschinengewehr 34(MG34)

Maschinengewehr 34(MG34) / Machine gun 34 adalah senapan mesin yang digunakan pasukan jerman untuk memenuhi kebutuhan senapan mesin perorangan/jinjing bagi infantrinya pada PD II yang kebanyakan negara pada masa itu masih menggunakan 3 jenis senapan mesin ‘ringan,sedang,berat’. Maka dengan kehadiran MG34 ini jerman cukup membutuhkan 1 jenis senapan saja untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Awalnya, proses produksi merupakan hal yang pelik bagi Jerman karena kala itu Jerman tidak boleh membuat sendiri senjata bagi militernya karena dibatasi oleh perjanjian versailles yang tidak memperbolehkan pembuatan di daerah Jerman, toh hal tersebut mampu diatasi dengan membuat pabrik di swiss. Akhirnya lahirlah MG34 yang kemudian dikembangkan menjadi varian MG42 yang terkenal itu. Sebelumnya, MG34 sendiri juga merupakan pengembangan dari senapan mesin Solothurn m30. Berbobot ringan menjadikan senapan ini menjadi mobile dan mudah di tempatkan guna mendukung serangan blitzkieg dalam mendukung bentuan tembakan bagi pergerakan infantri yang cepat. Untuk kategori senapan mesin personel/regu, MG42 memiliki rate of fire yang dahsyat, 1200-1500 peluru per menit!!, itu artinya 20-25 peluru per detik!!, ditambah jarak tembak yang jauh menjadikan musuh hampir tidak memiliki kesempatan untuk berkutik sedetikpun.

Pasca perang, Amerika yang terkesima dengan performa MG42 langsung mentah-mentah menjiplaknya menjadi M60, namun karena kesalahan konversi dari sistem jerman ke Inggris oleh insinyur-insinyur Amerika, maka performa yang didapat masih kalah dari MG42, walau begitu, toh M60 masih tetap digunakan hingga sekarang. MG42 pun dirasa masih merupakan senjata yang cukup digdaya hingga sekarang, angkatan bersenjata Jerman (Bundeswehr)-pun hingga saat ini masih menggunakan MG42 dengan kodifikasi MG3.

Perihal INFO PERTAHANAN
Aku? Kau tanya Aku siapa? Nanti Kau tahu dengan sendirinya ....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: