FUNGSI ARMADA KAPAL PERANG YANG KUAT

 

armada-kapal-perang-tni-a.jpg

Fungsi armada Kapal Perang yang kuat pada masa damai adalah mengamankan wilayah samudra serta menciptakan suasana keamanan yang kondusif untuk kegiatan ekonomi. Sedangkan Dalam situasi keadaan perang kekuatan angkatan laut RI sedapat mungkin memiliki kemampuan untuk menahan serbuan musuh di laut dan jika perlu harus sanggup menumpas kekuatan musuh sebelum mendarat ke pantai pantai RI. Dalam melaksanakan tugas tersebut kekuatan udara akan memberikan dukungan penuh pada kekuatan laut.

Kehadiran kapal perang dimulai ketika banyak pemerintahan membutuhkan atau merasa perlu menegaskan posisinya di perairan, sekaligus memberikan jaminan pertahanan dan keamanan di perairan, untuk melindungi negaranya dan aktivitasnya, seperti nelayan dan perdagangan. Banyak gangguan pertahanan dan keamanan di perairan yang harus dicegah, termasuk adanya serangan dari negeri-negeri lain, yang lebih aman bila langsung ditangkal dari laut. Selain itu, pada masa dahulu banyak bangsa terutama bangsa barat menggunakan kapal perang untuk menjelajah samudera, mengangkut hasil dagangan atau bahkan jarahan sekaligus digunakan untuk berperang baik terhadap armada dagang saingannya, bajak laut, atau bahkan penguasa lokal yang tidak tunduk pada keinginannya.

Pada masa sekarang ini, khususnya negara-negara yang memiliki kawasan perairan, kebutuhan membangun Angkatan Laut dan kapal-kapal perang adalah penting. Yang kemudian disesuaikan dengan kemampuan dan kesanggupan masing-masing negara. Sebagaimana Angkatan Udara, pembangunan Angkatan Laut bergantung pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di dunia perairan. Selain itu, bergantung pada kemampuan perekonomian suatu negara. Hal yang berbeda dengan Angkatan Darat dimana personel yang dipersenjatai, Angkatan Laut dan Angkatan Udara menganut filosofi “senjata yang diawaki”. Manajemen dalam Angkatan Laut dan Angkatan Udara juga berbeda dengan Angkatan Darat.

Bagi negara maritim sebesar Indonesia, Angkatan Laut yang kuat bukanlah suatu kemewahan, melainkan kebutuhan. Sehubungan dengan itu, perlunya Indonesia memiliki kekuatan angkatan laut yang besar, kuat dan profesional. Besar dalam pengertian memiliki unsur kekuatan dalam jumlah yang sebanding dengan rasio luas perairan yang harus dijaga. Kuat dalam pengertian mempunyai kemampuan pukul strategis yang mampu memberi dampak penangkalan dan daya hancur bagi musuh yang akan menganggu kedaulatan negara. Dan, profesional dalam pengertian memiliki prajurit yang mempunyai kemampuan tempur yang dapat diandalkan dan memenuhi standar profesional yang selalu berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologiAlat Utama Sistem Senjata(ALUTSISTA) yang diawaki.

Perihal INFO PERTAHANAN
Aku? Kau tanya Aku siapa? Nanti Kau tahu dengan sendirinya ....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: