Ketika kita mendengar kata militer, yang ada di benak kita adalah para tentara yang berjuang  untuk mempertahankan negara. Umumnya tentara didominasi oleh kaum pria, namun wanita-wanita ini meskipun bukan
seorang tentara profesional tetapi mereka berperan penting dalam dunia militer. Berikut uniknya.com merangkum 5 Wanita yang Mengubah Dunia Militer:

 

1. Joan of Arc

Wanita ini tumbuh sebagai gadis petani di Perancis timur namun saat ini Joan of Arc adalah simbol kekuasaan bahwa wanita juga dapat berpartisipasi dalam dunia militer. Selama Perang Seratus Tahun, Joan of Arc membantu memimpin tentara Perancis memenangkan banyak pertempuran yang berbeda. Joan harus beradaptasi dengan kehidupan sebagai seorang laki-laki sampai ia harus memotong rambutnya dan mengenakan pakaian pria.

 

2. Elizabeth C. Newcume

Wanita yang satu ini memang tidak mempunyai latar belakang militer, namun ia telah berjasa karena pada bulan september 1847 ia membantu membantu militer meksiko di Fort Leavenworth dalam pertempuran antara Meksiko dan Amerika. Sama seperti Joan, Elizabeth juga menyesuaikan diri dengan rekan prianya. Atas jasa yang telah ia korbanka, Pada bulan Juli 1848 Elizabeth menerima penghargaan dari pemerintah meksiko sebagai pahlawan wanita yang tangguh.

 

3. Opha M. Johnson

Opha M. Johnson membuat sejarah pada tanggal 12 Agustus 1918 ketika ia memberi otoritas penuh terhadap wanita sebagai sekretaris angkatan laut publik untuk tugas administrasi di Korps Marinir Reserve. Akhirnya pada perang dunia I, sebanyak 304 lebih wanita menjabat sebagai sekretaris angkatan laut yang sebelumnya didominasi oleh kaum pria. Karena perannya yang sangat penting, sebagian besar pria meminta dirinya dikirim ke pantai barat untuk melawan Jepang.

 

4. Loretta Walsh

Lahir di Philadelphia pada tanggal 22 April 1896, Loretta Walsh menjadi wanita pertama di Amerika Serikat yang bergabung dengan militer Angkatan Laut. Dalam karirnya, ia telah membantu dalam penghancuran kapal perang Jerman pada tanggal 17 Maret 1917 saat Perang Dunia I sedang bergulir. Walsh juga merupakan wanita pertama di dunia militer yang menerima gaji setara dengan gaji rekan kerja prianya.

 

5. Oveta Culp Hobby

Satu lagi wanita yang berprestasi di dunia militer yaitu Oveta Hobby Culp, dia merupakan wanita pertama yang menerima US Army Distinguished Service Medal, yang ia terima pada tahun 1945. Dia lahir di Killeen, Texas dan mempunyai suami seorang gubernur Texas dan penerbit Post Houston, Hobby William. Dengan keahliannya sebagai pengatur serangan, ia pun dipercaya komando angkatan udara untuk mengatur serangan kepada Jepang.

SUMBER: uniknya.com

Perihal INFO PERTAHANAN
Aku? Kau tanya Aku siapa? Nanti Kau tahu dengan sendirinya ....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: