Tragedi Tiananmen

Ratusan warga di China tewas oleh tembakan tentara yang memberantas aksi demonstrasi

Pada 23 (4-6-1989) tahun yang lalu, ratusan warga sipil di China tewas oleh tembakan tentara dalam suatu operasi pemberantasan berdarah atas aksi demonstrasi pro-demokrasi di Lapangan Tiananmen, Beijing. Aksi protes yang digalang aktivis mahasiswa berlangsung sejak 15 April 1989 dan baru berakhir pada 4 Juni 1989 setelah pemerintah mengambil langkah keras untuk mengatasinya.


Laman stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa konvoi tank pasukan China melaju ke jantung Ibukota Beijing di malam hari tanggal 3 Juni 1989. Selain itu, dari berbagai arah, pasukan pemerintah bergerak ke Tiananmen sambil menembaki para demonstran yang tak bersenjata.

Selama tujuh pekan sebelumnya, para pemrotes, yang sebagian besar adalah mahasiswa, menduduki Tiananmen. Mereka menolak bubar sebelum tuntutan terpenuhi, yaitu meminta pemerintah melakukan reformasi demokratik di China.

Aksi protes dimulai saat para mahasiswa menggelar acara perkabungan atas mantan pemimpin Partai Komunis, Hu Yaobang, yang wafat seminggu sebelumnya.

Kian hari, jumlah massa pemrotes terus bertambah. Mereka pun lantas mengungkapkan kemarahan atas wabah korupsi di tubuh birokrasi sekaligus menuntut reformasi dan demokratisasi.

Bagi pemerintah China, aksi mereka itu dianggap sebagai “kerusuhan sosial” sehingga harus ditindak tegas. Maka, pemerintah, mengerahkan tentara untuk membubarkan konsentrasi massa sekaligus menangkapi para aktivis dan mahasiswa yang berperan menyelenggarakkan demonstrasi.

Namun pemberantasan itu berjalan brutal sehingga menimbulkan banyak korban tewas. Sebagian masyarakat internasional, terutama dari negara-negara Barat, mengecam tindakan pemerintah China itu.

Perihal INFO PERTAHANAN
Aku? Kau tanya Aku siapa? Nanti Kau tahu dengan sendirinya ....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: