Penyerbuan Pasukan Sekutu di Normandy

Momen menentukan dalam mengalahkan pasukan Nazi-Jerman di era Perang Dunia Kedua

Pada 68 (6-6-44) tahun yang lalu, pasukan Sekutu pimpinan Inggris dan Amerika Serikat (AS) melakukan penyerbuan massal ke Prancis, yang saat itu dikuasai Jerman. Penyerbuan di pesisir wilayah Normandy di Prancis bagian barat itu merupakan momen menentukan dalam mengalahkan pasukan Nazi-Jerman di era Perang Dunia Kedua. Laman The History Channelmengungkapkan bahwa penyerbuan yang dilakukan setelah tengah malam itu merupakan operasi militer terbesar yang melibatkan pasukan dari matra laut, udara, dan darat.

Pada tengah hari, bombardir Jerman dapat dilumpuhkan saat 135.000 pasukan darat Sekutu berhasil menguasai wilayah pesisir Normandy, menyusul rekan-rekan mereka yang sudah ditempatkan di garis belakang pertahanan musuh pada lewat tengah malam melalui misi terjun payung.

Diantara lima titik pendaratan di pantai, sektor Omaha Beach merupakan zona pertempuran paling sengit. Malam hari, 150.000 tentara Sekutu berhasil berkumpul di Normandy dan siap menggempur Jerman di bagian barat Eropa.

Dari penyerbuan di Normandy itu, konsentrasi pasukan Nazi-Jerman menjadi pecah. Apalagi di sebelah timur Eropa, Uni Soviet mulai membalas dan bergerak ke Jerman. Tak ada pilihan bagi Nazi-Jerman selain mundur teratur, hingga mereka menyerah kalah kepada Sekutu pada Mei 1945.

Perihal INFO PERTAHANAN
Aku? Kau tanya Aku siapa? Nanti Kau tahu dengan sendirinya ....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: