Pertempuran Midway Berakhir

Kemenangan ini menjadi momentum bagi AS untuk pukul mundur Jepang di Perang Dunia Kedua

 

Pada 80 tahun lalu (7-6-1942), AS berhasil mengalahkan Jepang dalam pertempuran di sekitar Pulau Midway di Lautan Pasifik. Kekalahan ini menjadi awal kemunduran Jepang di Perang Dunia Kedua setelah setahun terakhir merajalela di kawasan Asia dan Pasifik, hingga berani menggempur basis militer AS di Hawaii.
Menurut stasiun berita BBC, pertempuran itu berlangsung selama tiga hari dengan melibatkan armada kapal perang, kapal induk, tentara, dan pesawat tempur. Midway merupakan suatu pulau kecil, yang berjarak 1.000 mil dari barat laut Hawaii.

Jepang melihat pulau itu sebagai basis strategis untuk penyerbuan berikut ke AS. Itulah sebabnya AS tidak mau membiarkan Midway dikuasai pasukan imperial Jepang.

Pada 4 Juni 1942, Jepang menlancarkan serangan pada dini hari dengan menggerahkan pesawat-pesawat pembom di pangkalan AS di Midway. AS lalu melancarkan serangan balik dengan mengerahkan Armada Pasifik, pesawat pengebom Angkatan Darat dan Marinir.

Dalam perang itu, AS menderita kerugian satu kapal induk, yaitu USS Lexington, dan beberapa pesawat tempur. Namun, Jepang kehilangan dua kapal induk, berikut semua pesawatnya, dan dua kapal lain rusak berat. Sepuluh kapal perang Jepang pun tenggelam maupun rusak.

Di pihak AS, 307 tentaranya tewas. Namun, Jepang kehilangan lebih banyak personel, yaitu 3.057 orang, demikian ungkap Jonathan Parshall dan Anthony Tully dalam buku berjudul “Shattered Sword: The Untold Story of the Battle of Midway” (2005).

AS kemudian melanjutkan pertempuran melawan Jepang di pulau-pulau lain. Namun panglima Angkatan Laut AS, Laksamana Nimitz menyatakan bahwa kekalahan Jepang di Midway merupakan “titik awal bagi kemenangan yang penting.”

 

 

Perihal INFO PERTAHANAN
Aku? Kau tanya Aku siapa? Nanti Kau tahu dengan sendirinya ....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: