Operation Ranch Hand – Perang Vietnam

Ketika tiga pesawat angkut sedang Fairchild C-123B mendarat di lapangan terbang Tan Son Nhut pada 2 Januari 1962, tak banyak sambutan diberikan kepada sang komandan misi. Letkol Floyd D Sofner pun turun dengan wajah dingin.Ia tak membawa persenjataan lengkap seperti tentara lainnya. Tapi siapa sangka jika misi yang ia mainkan lebih menyeramkan dari sekedar menembaki para Viet Cong.

Antara 1962-1971 pesawat-pesawat itu telah membuang 19 juta galon herbisida pemusnah dedaunan di atas belantara Vietnam. Zat kimia tersebut disemprotkan dari udara untuk memusnakan tanaman pangan. Harapannya, jika dedaunan di belantara Vietnam luruh, jaringan jalan setapak dan kubu Viet Cong  akan lebih mjudah diluhat dari udara. Dengan musnahnya tanaman pangan, para gerilyawan juga akan lebiuh mudah dihabisi  karena tak mungkin berperang dalam kondisi lapar.

Dari 19 juta galon, 11 juta diantaranya adalah orange agent,zat kimia yang jauh berbahaya daripada hanya sekedar herbisida. Umumnya adalah campuran 2,4-D dan 2,4,5T. Tetapi selain itu juga ada larutan pemusnah lain yang ditambahkan ke dalamnya, diantaranya, picloram dan asam cacodylic, sejenis senyawa arsenik yang bisa menimbulkan efek kekeringan cepat pada dedaunan.

Vietnam sendiri bukanlah korban pertama.Militer Barat pernah menumpahkannya di Eropa, Jepang dan Malaysia.Maksudnya sama, yakni untuk merusak tempat persembunyian dan mematahkan perlawanan para gerilyawan. Penggunaan larutan kontroversial ini di Vietnam tak lepas dari keinginan Presiden Vietnam Ngo Din Diem. Pasalnya, ia ingin sekali menghabisi gerilyawan VC dan musuh-musuhnya yang berada di Vietnam Utara.

Celakanya, cairan yang amat beracun initidak hanya merusak.Orang-orang terkontaminasi terbukti juga banyak yang terkena imbas.Dalam waktu kontak berkepanjangan, mereka bisa mengalami gangguan fisik.Lewat penelitian terhadap 1.200 veteran AS yang terkait dalam Operasi Ranch Hand, ditemukan kjejak mengenaskan, meski tidak bisa secara langsung dikatakan sebagai efek langsung. Mereka mengidap soft-tissue sarcoma, non hodgin lympoma, hodgkin disease dan chloracne.

tak heran jika penggunaan larutan kimia ini memancing kritik dari berbagai pihak yang punya perhatian di bidang lingkungan hidup.Pemerintah Richrad Nixon sebenarnya pernah menekan penggunaannya pada 1969, namun militer AS tak sepenuhnya konsisten terhadap peringatan tersebut. Pada saat ketika peringatan itu dibuat sudah jutaan acre hutan dan tanaman pangan rusak akibat larutan ini.

Perihal INFO PERTAHANAN
Aku? Kau tanya Aku siapa? Nanti Kau tahu dengan sendirinya ....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: