Jerman Menyerah ke Sekutu

Penyerahan tanpa syarat Jerman itu diumumkan serentak di Inggris, AS, dan Uni Soviet

Tepat 67 tahun lalu (7-5-1945), Perang Dunia Kedua di Eropa berakhir setelah Jerman menandatangani perjanjian penyerahan diri tanpa syarat. Peristiwa ini berlangsung beberapa hari setelah pemimpin Nazi, Adolf Hitler, bunuh diri dan Kota Berlin menyerah setelah digempur pasukan Uni Soviet.

Penandatanganan kesepakatan menyerah Jerman tanpa syarat itu berlangsung di markas baru pasukan Sekutu di Kota Reims, Prancis, pada 7 Mei 1945 pukul 2.41. Diwakili Kepala Staf Angkatan Bersenjata, Jenderal Alfred Jodl, Jerman menyatakan resmi mengakui kekalahan atas pasukan Sekutu.

Menurut stasiun radio BBC, penyerahan tanpa syarat oleh Jerman itu diumumkan secara serentak di tiga kota Sekutu, yaitu London (Inggris), Washington DC (Amerika Serikat), dan Moskow (Uni Soviet).

Maka, pemerintah di tiga kota besar itu menyatakan 7 Mei sebagai Hari Kemenangan Eropa karena berhasil menaklukan Jerman, yang menyulut Perang Dunia Kedua 1939-1945. Menurut koresponden BBC yang menyaksikan langsung upacara penyerahan tanpa syarat di kota Reims, Prancis, perwakilan Jerman, Jenderal Gustav Jodl, mengatakan bahwa mereka kini menyerahkan “nasib Jerman ke tangan pemenang.”

Surat penyerahan tanpa syarat itu juga ditandatangani oleh para perwakilan Pasukan Sekutu, yaitu Jenderal Bedell Smith, Jenderal Ivan Susloparov (Soviet), dan Jenderal Francois Sevez (Prancis).

Namun pengumuman berakhirnya Perang Dunia Kedua di Eropa baru dilakukan sehari kemudian, 8 Mei 1945, secara serentak oleh tiga pemimpin, yaitu Perdana Menteri Winston Churchill (Inggris), Josef Stalin (Soviet), dan Presiden Harry Truman (AS).

Perihal INFO PERTAHANAN
Aku? Kau tanya Aku siapa? Nanti Kau tahu dengan sendirinya ....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: