Jawaharlal Nehru Tutup Usia

Bersama Mahatma Gandhi, Jawaharlal Nehru berjasa memperjuangkan kemerdekaan India

 

Pada 48 tahun yang lalu, rakyat India berduka saat  melepas seorang pelopor kemerdekaan sekaligus perdana menteri pertama bagi mereka, Jawaharlal Nehru. Dia wafat di usia 74 tahun.

Laman stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa Nehru tiba-tiba menderita sakit pada pagi hari di rumahnya yang terletak di New Delhi.

Saat itu dia baru saja berlibur dari suatu perbukitan di luar kota. Sahabat karib Bapak Perjuangan Mahatma Gandhi itu meninggal akibat serangan jantung. Tim dokter spesialis berjuang memulihkan kondisi Nehru, namun dia menghembuskan nafas terakhir pada sore hari. Saat itu, dia ditemani oleh putrinya, Indira Gandhi.

Berita duka langsung disampaikan menteri kabinet C. Subramaniam dalam rapat parlemen. “Perdana Menteri telah tiada. Cahaya telah padam,” kata Subramaniam terbata-bata.

Dua jam setelah pengumuman duka, puluhan ribu warga berkumpul di sekitar rumah mendiang Nehru, yang berjasa memerdekakan India dari penjajahan Inggris.

Nehru menghasilkan keturunan hebat yang meneruskan prestasinya sebagai pemimpin. Putrinya, Indira, dan cucunya, Rajiv, tampil menjadi perdana menteri India di masa yang berbeda. Namun, tak seperti Nehru, kedua pemimpin itu menjadi korban pembunuhan.

Istri mendiang Rajiv Gandhi, Sonia, kini memimpin Partai Kongres Nasional India. Bersama kedua anaknya, Sonia tengah meneruskan reputasi keluarga yang dirintis Nehru dalam gelanggang politik di India.

Perihal INFO PERTAHANAN
Aku? Kau tanya Aku siapa? Nanti Kau tahu dengan sendirinya ....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: