22-5-1990: Dua Yaman Kembali Bersatu

Setelah 150 tahun terpisah, Yaman Utara dan Yaman Selatan kembali bersatu

Tepat 22 tahun yang lalu, Yaman Selatan, yang beraliran Marxis, dan Yaman Utara, yang konservatif, akhinya kembali rujuk. Setelah 150 tahun terpecah, kedua negara itu bersatu dengan nama Republik Yaman.

Laman jaringan televisi A&Emengungkapkan bahwa wilayah yang terletak di selatan Semenanjung Arab itu sejak pertengahan abad ke-19 terpecah ke dalam dua kekuasaan, yaitu Inggris dan Ottoman Turki.

Namun pada 1918, kekuatan Ottoman berhasil diusir dari Yaman, sedangkan Inggris tetap menjadi penguasa di Yaman bagian selatan. Pada tahun 1967, Inggris melepas Yaman Selatan, sehingga momen itu dimanfaatkan oleh kaum Marxis untuk membentuk Republik Rakyat Yaman Selatan. Saat itu, Yaman Selatan merupakan satu-satunya negara Arab yang beraliran Marxis.

Namun, 23 tahun kemudian, situasi berubah. Pada tahun 1990, rakyat dari kedua negara menginginkan Yaman kembali bersatu. Namun, unifikasi tidak membuat Yaman langsung menjadi stabil. Setahun kemudian, krisis ekonomi menghantam Yaman dan pada tahun 1994 negara itu dilanda perang saudara.

Kendati demikian, situasi di Yaman berangsur membaik dan pada tahun 1997 negara bersatu itu menyelenggarakan pemilihan umum yang pertama.

Perihal INFO PERTAHANAN
Aku? Kau tanya Aku siapa? Nanti Kau tahu dengan sendirinya ....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: