Pesawat-Pesawat Tempur Berkemampuan Siluman (Stealth)

Pada saat ini ada beberapa negara yang memiliki pesawat tempur yang memiliki kemampuan siluman (tidak terdeteksi radar lawan). Pesawat –pesawat ini ada yang masih dalam  tahap konsep dan pengembangan  (rancangan) seperti milik India, Indonesia dan Korea. Negara-negara ini adalah calon-calon negara yang akan menjadi negara pembuat dan pengguna  pesawat siluman dimasa yang akan datang.  Selain yang masih dalam tahap pengembangan, pesawat-pesawat tempur siluman ini sudah ada yang diproduksi dan digunakan dalam layanan angkatan udara mereka seperti China dan Jepang. Dari beberapa data yang dikumpulkan dari berbagai-bagai sumber, berikut daftar  pesawat-pesawat tempur tersebut (baik yang sudah jadi atau dalam tahap penembangan)

Anvanced  Medium Combat Aircraft (AMCA)

Pesawat tempur ini dikembangkan  oleh India yang ditarget selesai pada tahun 2020. Pesawat tempur ini berkursi tunggal dengan mesin ganda. Pesawat tempur ini merupakan kategori peasawat tempur  multiperan. Peasawt ini merupakan Pesawat AMCa generasi kelima. Menurut beberapa laporan pesawat ini akan dikembangkan secara massive mulai tahun 2017. Dengan total biaya diperkirakan akan menelan $2 Billion.

 

 

Data :

Peran                                       : Pesawat Tempur Multi Peran dan Pesawat Siluman Udara

Negara Pengembang         : India

Pabrik                                     : Hindustan Aeronautics Limited (HAL)

Desainer                                : Aeronautical development Agency (ADA)

Pertama Terbang               : 2015

Diperkenalkan                    : 2018

Status                                    : Dalam Tahap Pengembangan

Calon Pengguna Utama : Angkatan Udara India dan Angkatan Laut India

Mitsubishi ATD-X Shinshin 

Pesawat tempur Mitsubishi ATD-X Shinshin adalah sebuah prototaip pesawat tempur generasi kelima yang menggunakan tehnologi siluman. Dikembangkan oleh Kementrian Pertahanan Jepang, untuk pengembangan tehnik dilakukan oleh Technical Research and Development Institute (TRDI). Kontraktor utama proyek ini adalah Mitsubishi Heavy Industries. Pesawat ini akan menjadi pesawat tempur siluman pertama yang dibuat oleh jepang. Nama ATD-X adalah kronim dari “Advanced Technology Demonstrator – X“. Pesawat ini dalam bahasa jepangnya bernama 心神 (shin-shin) yang berarti “Hati dan Jiwa”. Pesawat ini dijadwalkan terbang untuk pertama kalinya pada tahun 2014. Desain dan bentuk pesawat ini banyak memiliki kemiripan dengan pesawat-pesawat tempur  generasi ke empat dan kelima buatan Amerika. Peswat ini banyak miripannya dengan F-22 Raptor

Data :

Peran                            : Pesawat Tempur Experimental

Negara                          : Jepang

Industri                         : Mitsubishi Heavy Industries

Terbang Perdana             : 2014 (merujuk pada proyek)

Status                                   : Dalam Pengembangan

Pengguna Uma                 : Pasukan Bela Diri Udara Jepang

Spesifikasi

  • Crew: 1
  • Length: 14.174 meters (46.50 feet)
  • Wingspan: 9.099 meters (29.85 feet)
  • Height: 4.514 meters (14.80 feet)
  • Max. takeoff weight: 8 tonnes (17,636 pounds)
  • Powerplant: 2 × IHI XF5-1
    • Dry thrust: 10 tonnes (22,046 pounds) each
    • Thrust with afterburner: 15 tonnes (33,069 pounds) each

Line drawing of side view of jet fighter 

KAI KF-X

Pesawat Tempur Korea Aerospace Industries KF-X adalah program Korea Selatan untuk mengembangkan pesawat tempur multiperan canggih buat angkatan udara korea selatan (ROKAF) dan TNI Angkatan Udara. Pengembanagan pesawat ini dipelopori oleh Korea Selatan dengan Mitra Utamanya Indonesia. Ini adalah pengembangan program kedua pesawat tempur Korea Selatan mengikuti FA-50.

Data :

Peran                                  : Pesawat Tempur Multi Peran

Pabrik                                 : Korea Aerospace Industrie (KAI) dan PT Dirgantara Indonesia

Perkenalan                       : Direncanakan pada tahun l2020

Status                                 : Dalam Pengembangan

Pengguna Utama           : Angatan Udara Korea Selatan dan TNI AU

  

Lockheed Martin / Boeing F-22 Raptor

Peasawat tempur Lockheed Martin / Boeing F-22 Raptor adalah pesawat tempur berkursi tunggal, bermesin ganda, dan  generasi kelima pesawat tempur supermaneuverable yang menggunakan teknologi siluman. Pesawat ini dirancang terutama sebagai pesawat tempur superioritas udara, tetapi memiliki kemampuan tambahan yang mencakup serangan darat, peperangan elektronik, dan peran sinyal intelijen. Lockheed Martin Aeronautics adalah kontraktor utama dan bertanggung jawab untuk sebagian besar sistem badan pesawat, senjata, dan akhir perakitan F-22. Mitra Program Boeing Defense, Space & Security  menyediakan sayap, badan pesawat belakang, integrasi avionik, dan sistem pelatihan.

selama tahun-tahun  Pesawat ini  dikenal  dengan F-22 dan F/A-22 sebelum secara resmi memasuki jajaran  USAF pada bulan Desember 2005 sebagai F-22A. Meskipun masa pengembangan yang panjang dan mahal, Angkatan Udara Amerika Serikat menganggap F-22 sebagai komponen yang sangat penting dari kekuatan taktis angkatan udara AS, dan As mengklaim bahwa Raptor F-22 diproyeksikan sebagai pesawat tempur  tak tertandingi oleh pesawat tempur  mana pun yang ada pada saat ini. Lockheed Martin sebagai pabrik mengklaim  bahwa Raptor  merupakan kombinasi siluman, kecepatan, kelincahan, presisi dan kesadaran situasional, dikombinasikan dengan kemampuan serangan udara ke  udara dan udara ke darat, membuat pesawat ini secara keseluruhan menjadi yang terbaik di dunia saat ini. Marsekal Udara Angus Houston, mantan Kepala Angkatan Pertahanan Australia, mengatakan pada tahun 2004 bahwa  Raptor F-22 akan menjadi pesawat tempur paling menonjol yang pernah dibangun.

F-22 Raptor banking left in-flight, showing the top view of the aircraft. The engines with afterburners emit a pinkish glow. Aircraft mostly gray, apart from the gold cockpit window, with hints of bluish condensation on the wings. 

J-20 Chengdu (Jian-20)

J-20 Chengdu (Jian-20) konon adalah pesawat tempur generasi kelima, kemampuan  siluman, pesawat tempur bermesin ganda,  J-20 Chengdu merupakan prototipe pesawat tempur yang dikembangkan oleh  Chengdu Aircraft Industry Group untuk Tentara  Angkatan Udara  Pembebasan Rakyat China (PLAAF). Pada tahun 2010-an, J-20 menjalani tes meluncur kecepatan tinggi.  J-20 melakukan penerbangan pertama pada 11 Januari 2011. Jenderal He Weirong, Wakil Komandan dari Tentara Angkatan Udara Pembebasan Rakyat China mengatakan pada bulan November 2009 bahwa ia berharap J-20 akan dapat beroperasi penuh pada 2017-2019 .

 

Data :

Peran                                    : Peasawat Tempur Superiatas Udara/Peasawt Tempur Multi Peran

Pemilik                                  : China

Pabrik                                   : Chengdu Aircraft Industry Group

Terbang Perdana             : 11 Januari 2011

Status                                   : Dalam Pengembanagan / tes terbang

Pengguna                            : Angkatan Udara China

TFX 

TFX adalah pesawat tempur Turki, sedang  diusulkan untuk dikembangkan oleh Turki Aerospace Industries (TAI), untuk memulai produksi pada awal  tahun 2020.

Pada tanggal 15 Desember 2010, Komite Eksekutif Industri Pertahanan Turki  (SSIK) memutuskan untuk merancang, mengembangkan, dan memproduksi sebuah pesawat tempur udara-ke-udara, sebauah pesawat tempur asli produk pribumi. Sebanyak  $ 20 juta  dialokasikan untuk desain konseptual  untuk fase  2 tahun yang akan dilakukan oleh TAI.

TAI dan Tusaş Mesin Industri (TEI) akan memimpin proses desain, permulaan  dan pengembangan jet tempur. TEI akan lebih fokus pada produksi mesin pesawat yang  akan selesai pada tahun 2015, sementara TAI akan mengembangkan komponen lainnya. Penelitian akan menghitung berapa banyak  biaya  yang akan dihabiskan untuk pembuatan pesawat jet tempur, mekanik dan sistem elektronik  yang akan bekerja dan termasuk kemungkinan  yang lebih luas dari peluang dan tantangan dalam penerbangan militer.

Sukhoi PAK FA 

Sukhoi PAK FA adalah adalah pesawat tempur bermesin ganda, jet tempur yang dikembangkan oleh Sukhoi untuk angkatan Udara Rusia memaksa. Sukhoi T-50 adalah prototipe yang merupakan cikal bakal PAK FA.  PAK FA adalah salah satu dari beberapa program jet siluman global.

PAK FA, dikembangkan untuk menjadi penerus dari pesawat tempur MiG-29 dan Su-27 dalam daftara alat tempur  Rusia dan menjadi basis  dari Sukhoi / HAL FGFA sedang dikembangkan dengan India. Pesawat  tempur ini merupakan  Sebuah jet tempur generasi kelima, T-50 melakukan penerbangan pertama pada tanggal 29 Januari 2010. penerbangan kedua nya adalah pada tanggal 6 Februari dan ketiga pada tanggal 12 Februari 2010. Hingga 31 Agustus 2010, mereka telah membuat 17 kali penerbangan dan pada pertengahan November,  dengan total 40 kali penerbangan. Prototipe kedua adalah untuk memulai uji penerbangan pada akhir 2010, tapi ini ditunda hingga Maret 2011.

Direktur Sukhoi Mikhail Pogosyan  telah memproyeksikan 1000 pesawat  untuk dijual kepada negara lain  selama empat dekade berikutnya, yang akan diproduksi  secara patungan dengan perusahaan  India, 200 masing-masing untuk Rusia dan India sedangkan  600 untuk negara-negara lain. PAK-FA diharapkan memiliki kemampuan layanan operasi  sekitar 30-35 tahun.

 

F-35 Lightning II

Lockheed Martin F-35 Lightning II adalah merupakan keluarga pesawat  tempur yang menggunakan kursi tunggal, bermesin tunggal, pejuang generasi kelima multiperan. dikembangkan untuk melakukan serangan darat, pengintaian, dan misi pertahanan udara dengan kemampuan siluman.   F- 35 memiliki tiga model utama, F-35A adalah varian konvensional (lepas landas dan mendarat), F-35B adalah varian landasan pendek dan F-35C .

F-35 adalah keturunan dari X-35, program produk dari Joint Strike Fighter (JSF). JSF merupakan pengembang utama  sedang  dana dibiayai oleh Amerika Serikat, dengan Inggris dan negara  lain yang menyediakan dana tambahan. Negara-negara mitra terdiri dari anggota NATO atau sekutu dekat  AS. Hal ini sedang dirancang dan dibangun oleh tim industri kedirgantaraan yang dipimpin oleh Lockheed Martin. F-35 mengambil penerbangan pertama pada 15 Desember 2006.

Amerika Serikat bermaksud untuk membeli sebanyak 2.443 pesawat untuk digunakan Angkatan Udara AS, Korps Marinir dan Angkatan Laut selama beberapa dekade mendatang. Sedangkan Inggris, Australia, Italia, Kanada, Belanda, Norwegia, Turki, Israel, dan Jepang semua akan membekali angkatan udara dan atau angkatan laut mereka dengan F-35,  meskipun Jepang telah memperingatkan bahwa tidak menutup kemungkinan menghentikan pembelian mereka jika biaya meningkat, dan Kanada telah mengindikasikan bahwa ia tidak sepenuhnya berkomitmen untuk membeli pesawat.  Amerika Serikat diproyeksikan akan menghabiskan dana dengan diperkirakan  sebanyak$ 323 miliar untuk pengembangan dan pengadaan pada program F-35, sehingga ini menjadi program pertahanan yang paling mahal yang pernah ada.

Gray fighter aircraft soars in a clear blue sky with sea coast below. 

Perihal INFO PERTAHANAN
Aku? Kau tanya Aku siapa? Nanti Kau tahu dengan sendirinya ....

One Response to Pesawat-Pesawat Tempur Berkemampuan Siluman (Stealth)

  1. Ping-balik: 6 Jet Tempur Siluman Terbaik Di Dunia | Tips, Artikel dan Pengetahuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: