Kapal Jelajah Kelas Sendai – Milik Angkatan Laut Jepang dalam Perang Dunia II

Kapal kelas ini memiliki beberapa kapal yang terdiri dari Naka, Sendai, Jintsu, dan Kako. Ketika perang  pasifik pecah kapal Naka menjadi kapal perusak  ke 4 andalan  armada Selatan. Daerah Operasi Naka dari Formosa Hingga  Indo-Cina, kapal ini menjadi  pelindung pendaratan di Luzon dan Lingayen Teluk di Filipina selama bulan Desember 1941. Pada bulan Januari 1942 dia mendukung pendaratan di Tarakan dan Balikpan, dan dan selamat dari terjangan torpedo kapal selam  Belanda K  XVIII.  Pada bulan Februari dan Maret kapal ini terlibat dalam invasi dipulau  Jawa dan mengambil bagian dalam Pertempuran Laut Jawa. Namun, pada 1 April 1942 kapal ini terkena tembakan  torpedo oleh kapal selam Seawolf AS dari Pulau Christmas dan harus ditarik  ke Singapura dalam kondisi rusak parah oleh kapal Natori. Setelah perbaikan sementara ia dipindahkan ke Maizuru, dan tidak kembali lagi untuk terlibat perang sampai Maret 1943. Dia kembali ke Pasifik selatan dan dioperasikan di daerah Kepulauan Truk dan Gilbert hingga ahirnya di tenggelamkan oleh serangan  pesawat dari Bunker Hill dan Cowpens pada tanggal 17 Februari 1944, kitar-kira 35 mil laut sebelah barat  dari Truk dalam serangan AS.

Sendai juga pernah menjadi bagian  pada Angkatan Selatan, bertindak sebagai unggulan dari armada Destroyer 3, dan berpartisipasi dalam invasi Malaya. Beroperasi di Laut Cina Selatan, dia dikawal oleh konvoi pasukan dari pangkalan di Indo-Cina ke pantai Malaya hingga awal 1942. Kapal ini adalah bagian dari kekuatan yang terlibat dan berhasil menenggelamkan Thanet (kapal perusak Inggris) pada 27 Januari. Pada bulan Februari dan Maret dia berpartisipasi dalam pendaratan di Palembang dan Jawa, kemudian pergi ke Samudera Hindia untuk operasi di kepulauan Andaman sampai April. Pada bulan Mei ia adalah bagian dari kekuatan Midway, dan kemudian di tahun itu terlibat dalam kampanye Guadalcanal. Kapal kelas ini berkurang setelah mengalami  menjadi kecelakaan dalam pertempuran  dengan kapal penjelajah AS Montpelier, Cleveland, Columbia dan Denver pada Pertempuran Empress Augusta Bay di Kepulauan Solomon, ketika mencoba untuk menyerang jembatan AS di Bougainville, dan akhirnya tenggelam oleh tembakan dari kapal perusak Ausburne.

Gambar Kapal Kelas Sendai –> Sendai

Jintsu adalah satu dari kapal penjelajah dengan Angkatan Selatan, unggulan dari armada Destroyer 2. Ia mengambil bagian dalam invasi Filipina, Sulawesi, Ambon, Timor dan Jawa sampai Maret 1942, ketika dia hadir dalam Pertempuran Laut Jawa. Jintsu adalah salah satu unit armada invasi yang menuju Midway pada bulan Mei 1942, kemudian pergi ke Guadalcanal, di mana dia mendaratkan pasukan Jepang pertama pada malam 18/19 Agustus. Beberapa hari kemudian ia rusak oleh pesawat dari Guadalcanal. Pada tahun 1943, ketika pasukan AS mendarat di New Georgia, ia adalah bagian dari kekuatan yang  dikirim untuk menjalankan pasukan dan pasokan logistik ke garnisun Jepang di Kepulauan Solomon. Pada malam 12/13 Juli 1943 dia tenggelam oleh tembakan dari kapal penjelajah kapal perusak AS dan dalam Pertempuran Kolombangara.

Gambar Kapal  Kelas Sendai –> Jintsu

 

Data Dan Fakta :

Perihal INFO PERTAHANAN
Aku? Kau tanya Aku siapa? Nanti Kau tahu dengan sendirinya ....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: