Tupolev Tu-95 Bear – Pesawat Pengebom Strategis Rusia

Tupolev Tu-95 Bear

Pesawat pembom Strategis Tu-95 bertenaga turboprop adalah pesawat pembom jarak jauh (antarbenua) mulai beroperasi pada tahun 1956 dan tetap menjadi bagian penting dari kekuatan Angkatan Udara hingga sekarang
Pesawat versi pengebom atau pembawa rudal saat ini adalah Tu-95MS Bear-H. Pesawat ini mulai beroperasi pada 1984 dan diproduksi sampai tahun 1992. Ada dua sub varian dari pewat ini yaitu Pesawat Tu-95MS Bear-H16 dan TU-95s. Pesawat Tu-95MS Bear –H16 yangbdapat membawa 16 rudal jelajah jarak jauh (enam internal 10 ksternal).  Tu-95MS6 Bear-H6 adalah versi pesawat yang paling banyak  digunakan untuk mengangkut peluru kendali. Versi pesawat ini telah dihapus karena terikat dengan traktat SALT/START. Sekitar 60 Tu-95s dari varian kedua dibuat  didasarkan dengan resimen pembom berat pada kesatuan Engels dan Ukrainka. Jumlah ini mencakup tiga pesawat yang sebelumnya dibuat di Ukraina.

Rusia berencana menambah Kh-101-rudal penjelajah yang diluncurkan dari udara dan Kh-SD rudal udara-ke-permukaan sebagai perlengkapan  dari Tu-95MS untuk meningkatkan kemampuan ketepatan serangan jarak jauh mereka.  Angkatan udara Rusia sebelumnya  juga mengoperasikan 11 -model Tu-95KUs sebagai pesawat pelatih.

Tu-142 Bear-F dirancang khusus  untuk anti-kapal selam dan berbagai peran angkatan laut.  Sekitar 40 pesawat ini telah melengkapi satu resimen penerbangan angkatan laut Rusia di Kipelovo, yang ditugaskan untuk Armada Utara. Pesawat perang  Anti-kapal selam varian besar adalah Tu-142MK Bear-F Mod 3 dan pengembangan Tu-142M-Z Bear-F Mod 4, yang terakhir selesai pada 1994. Tu-142MR Bear-J adalah sebuah pos komando / platform komunikasi relay untuk berkomunikasi dengan kapal selam bersenjata rudal nuklir. Itulah peran pentingnya Tu-142 dalam system pertahanan Rusia, sedangkan pesawat Bear-F Mod 4 airframes yang masih hidup kemungkinan akan diperbarui dengan system Leninets Sea Dragon, yang mencakup radar baru, low-light-level TV, forward-looking infra-red, new sonobuoys, revised electronic surveillance measures and magnetic anomaly detection (MAD) systems, and dipersenjatai dengan delapan Kh-35 (AS-20 Kayak) rudal anti kapal laut. Tu-142 versi ekspor dioperasikan oleh  angkatan laut India yang memiliki tujuh Tu-142 MK-Es di Arrakonam. Versi Ini adalah hamper mirip dengan Bear-F Mod 3, tapi memiliki sistem yang sedikit lebih rendah.

Tupolev Tu-95 BearTupolev Tu-95 BearTupolev Tu-95 Bear

Entered service 1956
Crew 7 men
Dimensions and weight
Length 49.13 m
Wing span 50.04 m
Height 13.30 m
Weight (empty) 91.8 t
Weight (maximum take off) 185 t
Engines and performance
Engines 4 x KKBM (Kuznetsov) NK-12MA turboprops
Traction (dry / with afterburning) 4 x 14 795 hp
Maximum speed 925 km/h
Service ceiling 12 km
Combat radius 6 400 km
Armament
Cannon 2 x 23-mm twin-barrel cannons
Missiles 6 x Kh-55 (AS-15 ‘Kent-A’) or Kh-55SM (AS-15 ‘Kent-B’) long-range cruise missiles; Kh-35 (AS-20 ‘Kayak’) anti-ship missiles (Tu-142),

 

 

VARIAN

Dengan pengecualian Bear  A, semua model dilengkapi dengan saluran moncong untuk pengisian bahan bakar di  udara.
BEAR A – TU-95 / TU-95M

BEAR – TU-95V – The Tu-95V

BEAR – TU-95N
BEAR B – TU-95rb / TU-95KD
BEAR C – TU-95km BEAR D – TU-95RTs

BEAR E – TU-95U
BEAR F – TU-142 / TU-142M
BEAR F – TU-142LL
BEAR – TU-95K5

BEAR G – TU-95K22
BEAR – TU-95M-BEAR H – TU-95MS
BEAR H6 – TU-95MS6

BEAR H16 – TU-95MS16 – TU-95MS16

BEAR J – TU-142MR – TU-142MR.
BEAR T – TU-95U

Specifications

TU-95M TU-95K TU-95KM TU-95RTs TU-95U TU-142 TU-95K22 TU-95MS TU-142MR
Bear A Bear B Bear C Bear D Bear E Bear F Bear G Bear H Bear J
Misson Bomber Kangaroo ASM carrier Kangaroo ASM plus recce radomes ELINT recce Photo Recce Anti-submarine Kh-22 ASM Kh-55 [AS-15] ALCM submarine communication relay
Design Bureau OKB-156 Tupolev
Manufacturer Plant Nr. 18 Kuibyshev Plant Nr. 18 Kuibyshev
Plant Nr. 86 in Taganrog
Development began 6/11/1951
First Flight 11/12/1952 1/1/1956 September 1962 October 1975 September 1979
Date deployed August 1957 Autum 1959 Spring 1966 December 1972 1982 1981
Crew 8 men 7 men
Power Plant Four turboprop
Power Plant NK-12 NK-12M NK-12MV NK-12MP
Maximum Engine Power (ESHP) 12,500 12,500 14,800 15000
Length [m] 47 49.50 49.6
Height [m] 12.5 12.12 13.4
Wingspan [m] 50.05 51.10
Wing surface [m2] 283.7 288.9
Speed -Maximum 925 830
Speed Cruise (km/hr) 435 425 425 440 440 440 550
Speed Combat (km/hr) 470 470 475 300 300 490
Ceiling [meters] 12000
Altitude Over Target (meters) 12000 11750 11500 14000 450 450
Range (with normal load) [km] 13200 13200 10300 10500
Range (with maximum load) 6500
Combat Radius (km) 7600 6750 6400 6750 7125 3650 [Unrefueled, 3-hr loiter, 15,000 ft. cruise]
Weight (empty) 70455 70910 72275 71360 71825 72500 94.400
Fuel weight 84.000kg
Fuel Capacity (gal) 29,100 26,900 26,400 29,100 29,100 30,100
Maximum take-off weight [kg] 182000 185000
Takeoff Gross Weight (kg) Normal 165900 165900 165900 162,275 162,275 162,275
Normal load (kg) 9000 11400 11400 8500
Maximum load (kg) 20000
Armament – Primary Bomb tonnage up to 12.000kg One H-20 missile none none One or two H-22 missiles
  • 6 Kh-55 missiles (TU-95MS6)
  • 16 Kh-55 Missiles (TU-95MS-16)
none
Armament – Secondary Six Am-23 (23mm) guns in 3 installations Four AM-23 (23mm) guns in 2 installations two AM-23 (23mm) guns in one installation Two GSH-23 (23mm) guns in one installation
Systems Crown Drum missile guidance radar Big Bulge I-band search radar Down Beat missile guidance radar

Historical Review – Western Estimates

Estimated start of flight testing 1953
First discovery
Bear A 1955
Bear B July 9, 1961
Bear C February 1962
Bear D March 1965
Bear E April 1965
Bear F April 1972
Estimated start of series production 1954
First public display in practice for May Day flyby April 21, 1955
Public display of three (some observers say nine) aircraft May 1, 1955
Initial operational capability 1956
Significant operational capability 1959

Negara Pengguna :

Russia, Ukraina dan India ( menngunakan seri Bear F)

Gambar-gambar:

  Bear H16 Tu-95MS16 with  AS-15 Mod A RKV-500A ALCM

Bear GTu-95K22

Bear B Tu-95K

Bear T  Tu-95U  Training Heavy Bomber

 

Perihal INFO PERTAHANAN
Aku? Kau tanya Aku siapa? Nanti Kau tahu dengan sendirinya ....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: