Memahami Istilah Jumlah Pasukan Dalam Militer (TNI)

BATALYON

Batalyon adalah satuan militer yang terdiri dari dua sampai enam kompi atau baterai (istilah kompi untuk satuan artileri). Komandan batalyon (Danyon) biasanya seorang Letnan Kolonel atau Kolonel. Pemakaian istilah batalyon berbeda-beda pada setiap negara. Sebuah batalyon biasanya adalah bagian dari sebuah resimen, grup, atau brigade, tergantung dari sistem organisasi yang dipakai.

KOMPI

Kompi merupakan satuan militer yang terdiri dari 3 orang. Pada umumnya kompi terdiri dari tiga atau empat peleton, dan ini berbeda-beda tergantung negara dan jenis satuan anggota kompi. Dua sampai enam kompi membentuk sebuah batalyon. Satu kompi biasanya terdiri dari beberapa peleton.

Komandan Kompi (Dan Ki) biasanya dijabat seorang Kapten. Dalam satuan infanteri, ada tiga macam kompi, yang disesuaikan dengan fungsinya, yaitu Kompi Senapan (Kipan), Kompi Markas (Kima), Kompi Bantuan (Kiban). Kompi Senapan disiapkan untuk operasi lapangan, dengan dukungan Kompi Bantuan. Persenjatan Kompi Bantuan lebih berat dari persenjataan Kipan, persenjataan Kiban terdiri dari senapan mesin sedang (SMS), mitraliur, dan mortir.

Kompi Berdiri Sendiri dalam TNI-AD yang tidak langsung dibawah sebuah batalyon tetapi di bawah Divisi, Brigade, Komando Teritorial atau Balakpus TNI-AD antara lain: Kompi Rahmad Saoky, Kompi Jihandak Dirzeni berada dibawah perintah Direktorat Zeni TNI-AD , Kompi Kavaleri Panser di Kodam Diponegoro, Udayana, Brawijaya, Kompi Raider di Kodam Iskandar Muda yang langsung di bawah Panglima Kodam. Kompi Kesehatan, Kompi Kavaleri Intai, Kompi PHB, Kompi Benghar, Kompi POM-AD pada Divisi Infanteri 2 Kostrad, Kompi Perhubungan di Korem 072/Pamungkas, Kompi penembak STTB di Brigif-4 (sudah dibekukan) dan sebagainya.

Angkatan Darat Inggris biasa menamakan kompi senapan dengan huruf (biasanya A, B, dan C). Kompi di Inggris dipimpin oleh seorang Mayor, dan dibantu oleh seorang Kapten. Tapi sejak Perang Dunia II kompi senapan mulai dipimpin seorang Kapten saja.

Dalam militer Angkatan Darat Amerika Serikat, kompi infanteri biasanya dibagi menjadi tiga peleton senapan dan sebuah peleton senjata berat. Kompi tank biasa terdiri dari tiga peleton tank dan elemen komando. Kompi infanteri AS juga dipimpin oleh seorang Kapten.

REGU

Regu adalah satuan militer terkecil dalam Batalyon Infanteri yang terdiri minimal 20 personel.Komandan Regu (Danru) dalam batalyon infanteri, biasanya berpangkat Sersan Dua atau Kopral Kepala senior yang berpengalaman. Sedangkan di pasukan khusus seperti Kopassus, tergantung kebutuhan, tetapi kebanyakan yang digunakan adalah perwira seperti Letnan Dua atau Letnan Satu.Regu adalah bagian dari peleton.

Pada Angkatan Darat Inggris, peleton dipimpin oleh Letnan atau Letnan Dua, yang dibantu seorang Sersan. Peleton terbagi menjadi tiga regu yang masing-masing beranggotakan delapan orang.

Dalam militer Amerika Serikat, peleton dipimpin oleh seorang Letnan Satu atau Letnan Dua, yang dibantu oleh seorang Sersan Satu. Pada satuan infanteri, peleton senapan terdiri dari empat regu yang masing-masing beranggotakan sembilan orang.

PLETON

Peleton adalah satuan militer yang terdiri dari 30 sampai 50 orang, dan biasa dipimpin oleh seorang letnan. Peleton terbentuk dari dua sampai empat regu, dan ini berbeda-beda tergantung negara dan jenis satuan anggota peleton. Tiga sampai empat peleton membentuk sebuah kompi.

Komandan Peleton (Dan Ton) biasanya dijabat oleh seorang Letnan Dua. Posisi Komandan Peleton biasanya merupakan penugasan pertama, bagi perwira yang baru lulus dari Akademi Militer (Angkatan Darat) dan Akademi Angkatan Laut (kecabangan Marinir).

Pada Angkatan Darat Inggris, peleton dipimpin oleh Letnan atau Letnan Dua, yang dibantu seorang Sersan. Peleton terbagi menjadi tiga regu yang masing-masing beranggotakan delapan orang.

Dalam militer Amerika Serikat, peleton dipimpin oleh seorang Letnan Satu atau Letnan Dua, yang dibantu oleh seorang Sersan Satu. Pada satuan infanteri, peleton senapan terdiri dari empat regu yang masing-masing beranggotakan sembilan orang.

DIVISI

Divisi dapat mengacu kepada beberapa hal berikut:

  • Divisi – yang berhubungan dengan suatu unit/entitas
    • Divisi (militer) – kelompok unit yang biasa terdiri dari 10.000-20.000 prajurit
    • Divisi (pembagian administratif) – pembagian administratif suatu negara
    • Divisi (organisasi) – sub-sub bagian di dalam sebuah organisasi
    • Divisi (botani) – digunakan dalam sistem klasifikasi
    • Divisi (olahraga) – pembagian dalam perlombaan olahraga
  • Pembagian – yang berhubungan dengan suatu proses
    • Pembagian (matematika) – operasi aritmetika sebagai lawan dari perkalian
    • Pembagian sel
    • Diairesis, metode Plato untuk mendefinisikan dengan pembagian
    • Pembagian (politik) – proses perubahan batas negara sebagai akibat dari pemisahan suatu entitas politik.
    • Pembagian Utara-Selatan – istilah geopolitis untuk negara-negara maju/kaya (Utara) dan negara dunia ketiga/miskin (Selatan)
    • Segmentasi

BATERAI

Dalam organisasi militer, sebuah baterai artileri adalah satuan senjata api, mortar, roket atau misil yang dikelompokkan untuk membantu komunikasi] dan komando serta pengawasan di medan perang, selain itu juga untuk menyebarkan penempatan prajurit senjata beserta sistemnya.Istilah ini juga digunakan dalam bidang kelautan untuk menyebut kelompok senjata di kapal-kapal perang.

Baterai merupakan satuan militer setingkat kompi yang berada dalam struktur organisasi satuan artileri. Satu baterai terdiri dari dua sampai enam peleton. Komandan baterai biasa dipimpin oleh seorang Kapten. Baterai dapat merupakan bagian dari Detasemen, Batalyon, atau berdiri sendiri.

RESIMEN

Resimen (di TNI disingkat Men) adalah pasukan tentara yang terdiri atas beberapa batalyon yang biasanya dikepalai oleh seorang perwira menengah.

BRIGADE

Brigade (dari bahasa Prancis, lewat bahasa Belanda) adalah satuan militer dibawah divisi, yang terdiri dari 3.000 sampai 5000 orang, yang dipimpin oleh seorang Kolonel atau Brigadir Jenderal. Sebuah brigade terbentuk dari dua sampai empat batalyon, yang biasanya berupa tiga batalyon unsur tempur, unsur bantuan tempur, dan unsur bantuan administrasi. Brigade bisa disamakan atau berbeda dengan resimen, tergantung sistem yang dipakai sebuah negara.

About these ads

Perihal INFO PERTAHANAN
Aku? Kau tanya Aku siapa? Nanti Kau tahu dengan sendirinya ....

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: